Bagaimana Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

, , Comments Off on Bagaimana Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Kipas angin merupakan salah satu alat elektronik yang banyak diminati masyarakat kita. Selain harganya yang terjangkau, kipas angin mempunyai fungsi sebagai penghilang panas ruangan. Namun bagaimana jika benda satu ini rusak? Kemudian bagaimana cara memperbaiki kipas angin yang rusak?

Jika kerusakan kipas angin tidak terlalu parah, sebaiknya coba untuk memperbaiki sendiri di rumah. Namun jika kerusakan sudah terlalu parah, maka gunakanlah jasa tukang service terdekat.

Kerusakan kipas angin pun bermacam-macam dari berbagai merek terkenal seperti Panasonic, Maspion, miyako, cosmos dan merek terkenal lainya.

Hal tersebut pastinya akan sedikit menyulitkan, karena setiap merek pasti mempunyai tampilan komponen yang berbeda di dalamnya.

Adapun berbagai macam kerusakan kipas angin yang sering terjadi. Simak penjelasan di bawah ini bagaimana cara memperbaiki kipas angin yang rusak.

Kipas angin mati total
Kerusakan mati total mungkin sering terjadi dan cara mudah memeriksanya yaitu menggunakan multimeter sebagai acuan bagian mana kerusakan terjadi.

Langkah pertama sebelum membuka bagian belakang kipas, sebaiknya cek motor dynamo listrik dan thermofuse terlebih dahulu. Pastikan tidak ada kerusakan kabel pada instalasi listrik pada kipas.

Bisa saja kemungkinan terdapat kabel putus, selain itu periksa juga pada bagian selector switch atau saklar untuk menentukan kecepatan apakah masih berfungsi normal.

Langkah kedua jika sudah dipastikan tidak ada kabel putus maka kemungkinan kerusakan terjadi pada 2 komponen, yaitu kerusakan pada motor listrik atau pada thermofuse.

Untuk membuka cover dynamo kipas cukup sulit, maka gunakan alat yang mumpuni.

Kemungkinan lain kerusakan kipas angin mati total yaitu dikarenakan coil dynamo putus. Jika hal ini terjadi maka harus membongkar dynamo dan temukan terminal kontak gulunganya.

Namun kerusakan seperti ini jarang terjadi karena sudah ada thermofuse sebagai pelindung jika terjadi overheat yang berdampak rusaknya dynamo kipas angin.

Cara memperbaiki kipas angin berdengung
Berikut beberapa penyebab kipas angin mengeluarkan suara berdengung yang sering terjadi.

  1. Kipas kotor
    Salah satu penyebab kipas angin bedengung atau berisik adalah karena adanya kotoran yang menumpuk karena jarang dibersihkan. Khususnya pada bagian dinamo yang menjadikan putaranya terhambat.

Sehingga dinamo listrik harus bekerja lebih disebabkan penumpukan debu dan kemudian mengeluarkan suara dengung.

ika tidak segera ditangani, maka lama kelamaan akan menimbulkan dinamo panas dan memutuskan thermofuse. Hal inilah penyebab awal kerusakan pada thermofuse.

Disarankan sebelum melakukan perbaikan lakukan pembersihan terlebih dahulu dan pastikan blade kipas berputar dengan lancar ketika diputar dengan tangan. Agar setelah pergantian thermofuse tidak rusak lagi karena overheat.

Pada fase pembersihan biasanya perlu untuk membuka bagian rotor dinamo karena cukup susah dijangkau. Gunakan juga pelumas pada bagian bushing kipas atau bosh agar putaranya bisa lancar.

Gunakan oli yang sering digunakan pada mesin jahit yaitu stinger. Setelah dipasang pastikan putaran rotor dinamo berfungsi dengan normal dan lancar.

Pada beberapa jenis kipas, ada yang menggunakan bushing dan bearing. Kipas dengan menggunakan poros bearing biasanya lebih awet karena tidak mudah kotor.

  1. Keruskaan pada kapasitor start
    Biasanya kapas angin yang berukuran besar saja yang menggunakan kapasitor start.

Fungsi komponen satu ini adalah untuk membantu saat terjadinya putaran awal (kickstart kapasitor) dan membantu putaran agar stabil setelah running.

Untuk membuka terminal kapasitor maka perlu untuk membuka cover batok pada bagian belakang kipas angin dan pastikan steker listrik sudah dicabut.

Perlu diingat juga kerena sifat kapasitor adalah menyimpan listrik maka tidak disarankan untuk memegannya langsung.

Bentuk kapasitor kipas yaitu kotak dengan nilai kapasitas sekitar 1uF-12uF dengan tegangan 400V.

Dalam mengganti kapasitor disarankan menggunakan kapasitas yang sesuai. Bisa diganti dengan yang lebih namun akan mengakibatkan dynamo bekerja lebih keras dan akibatnya akan cepat panas.

Sedangkan jika diganti dengan yang lebih kecil maka kemungkinan kapsitor tidak akan kuat memutar coil starting.

  1. Kerusakan pada coil starting atau spul
    Dampak dari rusaknya coil starting mengakibatkan berdengung pada saat dinyalakan. Hal ini terjadi karena aliran listrik tetap mengalir ke dynamo.

Namun, karena dinamo tidak kuat memutar tanpa bantual coil starting maka terdengarlah suara dengung disertai dengan getaran dinamo.

Cara memperbaiki kipas angin tanpa kapasitor
Konstruksi pada kipas angin tanpa kapasitor sebenarnya lebih sederhana dan biasanya ukuranya lebih kecil, sehingga dalam perbaikanpun harusnya lebih mudah.

Untuk memperbaikinya maka hal yang perlu diperikas adalah bagian gulungan utama pada dynamo dan thermofuse nya saja.